Warning Your database appears to need patching to a higher level. See Admin->Tools->Server Information to review patch levels.
-- MELAYANI GROSIR DAN ECERAN -- NEGO HARGA DI ONLINE STORE ? KENAPA NGGAK, SMS/YM BUNDA AJA! -- JANGAN LUPA lLIKE PAGE KATALOG BELANJAANBUNDA YA ! -- ADA DISKON KHUSUS UNTUK RESELLER DAN CUSTOMER BELANJAANBUNDA.COM !
Celoteh Bunda

News Archiv
Testimonials
I love BelanjaanBunda

Hi Belanjaan Bunda, Mo sharing dikit nih dengan bunda, saya pernah ambil korden bordir bunga 3 pintu satu set dengan sarung bantal kecil dan...
Read More ->


Bravo Belanjaan Bunda

Pertama lihat, saya langsung jatuh cinta dengan Belanjaan Bunda, Barang-barangnya bagus dan pasti quality juga oke tapi yang paling oke harganya juga...
Read More ->


Belanja Murah dan Mudah

Belanja murah dan mudah.. Hmm kayaknya pas deh jadi slogan di balanjaan bunda.. hihiihi.. Bukan promosi loh.. Sampai sekarang jadi klien...
Read More ->


Have you seen ...
Homeset Katun

News; Tips Belanja Online yang Aman

Published: Saturday 11 July, 2009

Oleh karena saya baru kena tipu, berikut ini beberapa tips belanja online yang saya sarikan dari berbagai artikel. Terus terang sebagai pebisnis online saya jadi sedih, kenapa masih ada yang tega menipu orang lain demi keuntungan yang tidak seberapa itu.

Beberapa tips belanja online adalah :

1. Cek guestbook website penjual dan testimoni orang-orang yang sudah pernah membeli di online store tersebut.

Hal ini sangatlah penting untuk mengecek kredibilitas penjual yang sebenarnya. Setidaknya beberapa komentar pembeli lain yang puas dengan servis dan produk penjual bisa memberikan kita sedikit jaminan bahwa penjual tersebut memang memiliki reputasi yang baik. Percayalah, sekian banyak comment yang masuk ke online store tersebut, pastilah hasil dari kepercayaan dan hubungan baik antara penjual dan pembeli.

2. Kenalilah sang pemilik online store.

Baca informasi di profile Friendster/Facebook/sejenisnya dari online store tersebut, cek apakah pemilik online store memberi tahu account Friendster/Facebook/sejenisnya. Apabila Facebook /Friendster owner online store ini bersifat private, anda bisa add-as-friend dan konfirmasi untuk di-approve.
Kenali dan cek langsung profilnya, apakah dia memiliki teman seperti pemilik account friendster normal. Ini dibutuhkan untuk mengecek apakah friendster owner itu asli atau buatan saja demi kepentingan penipuan. Sebaiknya berhati-hati dengan online store yang men-setting accountnya menjadi PRIVATE account. Karena penjual online yang baik, pastilah dengan senang hati memperlihatkan profilnya.

Usahakan berkomunikasi secara intensif dengan online store tersebut sebelum membeli. Sepertimemiliki nomor HP yang bisa dihubungi, mencoba bekomunikasi via YM atau MSN, atau melalui email.

3. Validasi no telepon dan alamat penjual.

Minimal lakukan pembicaraan lewat telepon untuk mengetahui seberapa serius dia menjual produk tersebut lewat internet. Jangan lakukan pembayaran jika kita belum menghubungi penjual tersebut. Jika anda tidak sempat menelepon, lakukan SMS. Validasi no. telepon dan alamat rumah dapat dilakukan dengan bertanya lewat telkom 108. Jika tidak ada sambungan tetap, sebaiknya anda tetap memintanya, apakah itu no. rumah atau kantor. Apalagi jika pembelian anda berjumlah besar.

4. Jangan membeli dari situs yang tidak ada alamat dengan lengkap, apalagi tidak ada telepon, yang ada hanya alamat email saja. Posisi anda sebagai pembeli, apalagi sudah transfer, sangat lemah. Tidak ada yang bisa dilakukan hanya dengan mengirim email.

5. Lebih baik membeli dari webstore yang lokasinya dekat dengan Anda. Dengan begitu, anda dapat mengecek keberadaan toko offline/owner dari webstore tersebut. Sebagian pebisnis online mungkin saja tidak memiliki toko, tapi pebisnis online yang baik pasti memberikan alamat yang dapat divalidasi, entah itu alamat rumah, kantor atau tempat penyimpanan barangnya. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat biaya pengiriman barang.

6. Check pemilik situs tersebut di www.whois.com.

Situs ini memberitahukan siapa dan dimana pemilik situs. Memang cara ini tidak mutlak benar. Karena sebagian pemilik situs menyerahkan urusan pembuatan website mereka ke web developer, jadi alamat web developer lah yang dipakai untuk mendaftarkan nama situs tersebut. Tapi jika alamat pemilik dan toko nya sama, paling tidak anda bisa mendatangi alamat tersebut jika memang anda ditipu.

7. Hati-hati dengan online store yang menawarkan harga terlalu murah.

Para penipu online biasanya mencari perhatian dengan menawarkan harga yang terlalu murah. Juga, jangan tergiur produk-produk yang hanya anda liat dari situs/web iklan, tanpa menunjukkan situs/web aslinya.

8. Bila hendak melalukan transaksi pembayaran online, periksa URL webstore yang anda kunjungi.

Pada umumnya alamat web site yang kita kunjungi diawali dengan "http", namun disaat Anda "checkout" dari webstore atau harus mengisi data2 pribadi, pastikan bahwa halaman web tersebut adalah "secure connection page" yang dapat kita kenali bila alamat web page tersebut diawali dengan "https" - dengan tambahan "s" dibelakang yang artinya connection anda dengan web server dilindungi oleh secure sockets layer (SSL) technology.

Secure Connection SSL system sangat dibutuhkan untuk melakukan enkripsi (mengacak) data2 penting seperti alamat email, data pribadi, termasuk hal yang berhubungan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Bila webstore tersebut tidak dilindungi dengan secure connection "https", sebaiknya Anda memilih cara pembayaran yang lain yang lebih aman seperti Cash On Delivery (C.O.D) atau melalui Transfer Bank. Sebisa mungkin jangan gunakan kartu kredit Anda untuk belanja online yang baru Anda temui.

9. Sebagai costumer, Anda punya hak untuk bertanya dan menawar harga yang tertera.

Tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya dan menawar, tetapi alangkah baiknya bila anda telah menawar, anda memastikan bahwa anda akan membeli barang yang anda tawar jika harganya telah sesuai dengan tawaran. Menawar di online store, berbeda dengan di toko pinggir jalan. Karena biasanya, online store memiliki margin keuntungan yang tipis jadi tidak bisa terlalu banyak mengurangi harga.

10. Ikuti peraturan online store tempat anda mau membeli barang. Setiap online store memiliki rules yang berbeda. Apabila Anda sudah mengerti segala info yang ditulis di profile, hal itu dapat sangat membantu untuk meperlancar proses pembelian dan pengiriman barang.

11. Ikuti kata hati.

Banyak orang yang akhirnya terhindar dari penipuan karena mengikuti perasaan. Jika Anda tidak merasa sreg dengan seorang penjual, dan melihat tanda-tanda kurang beres dari penjual (misalnya, konfirmasi yang sangat lambat – lebih dari 24 jam, kata-kata yang ketus, alasan dan janji buta yang kurang masuk akal, nomor rekening yang berganti-ganti, data penjual yang kurang lengkap), lebih baik Anda tidak melanjutkan transaksi atau melakukan Cash on Delivery dengan penjual tersebut.

Memang cara tersebut di atas tidak menjamin bahwa anda akan 100 % aman dari penipuan. Tapi paling tidak bisa mengurangi resiko anda ditipu mentah-mentah. Apalagi jika jumlah uang yang anda transfer cukup besar. Sayang kan?
Back
Your cart is empty.
Contact Info
Sat Nov 18, 2017

Widie

Jl. Tenggiri V no 14,
Perumnas I Bekasi 17145.

0818-0655-4869 (XL)

PIN BB : 52922EAE

Whatsapp/Line: 081806554869

YM id : belanjaanbunda
belanjaanbunda@gmail.com
FB : katalog belanjaanbunda
E-Mail Us

Who's Online
There currently are 2 guests online.
Feedjit
Sponsors
Homeset Katun